Kamis 15 Jul 2021 05:18 WIB

Kata Talak Jadi Bahasan Utama di Uzbekistan

YouTube adalah platform di mana talak sering dibahas masyarakat Uzbekistan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Uzbekistan tengah menjalankan shalat
Foto:

Uralova menyampaikan, menurut interpretasi mainstream syariah, seorang pria Muslim dapat menceraikan istrinya dengan mengucapkan kata talak tiga kali. Idealnya, ini dilakukan selama periode yang mencakup tiga siklus menstruasi istrinya, sebulan sekali. Namun, dalam praktiknya, terkadang suami mengucapkan talak tiga kali dengan cepat, seringkali dalam keadaan marah.

"Kisah-kisah talak tiga tidak jarang terjadi. Tetapi apa yang dilihat oleh orang-orang Uzbekistan sekuler sebagai pernyataan langsung yang dibuat dalam perdebatan sengit semakin ditanggapi dengan serius oleh mereka yang mencoba untuk lebih dekat dengan Islam," jelasnya.

Di keluarganya sendiri, Uralova memiliki setidaknya tiga kerabat dekat yang suaminya mengatakan talak dalam kemarahan dan sekarang berpisah, meskipun pasangan itu ingin menjaga keluarga mereka tetap bersama. Ada ribuan pasangan seperti ini.

Platform online Islom.uz pun hadir untuk menengahi antara ulama dan orang-orang yang memiliki pertanyaan tentang Islam. Meskipun topiknya berbeda-beda, dalam hal pernikahan, pertanyaan yang sering ditanyakan oleh 150.000 pelanggan Telegram adalah cara membatalkan talak. Situs ini menampung hampir 2.000 pertanyaan tentang masalah ini. 

"Saya bertengkar hebat dengan istri saya di telepon dan mengucapkan talak tiga saat saya marah. Apakah ada jalan bagi kita?," tanya Sayibjan. Pengguna lain, Asadbek, menjelaskan bagaimana dia menikah muda dan tidak tahu aturan syariah.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement