Sabtu 17 Jul 2021 01:10 WIB

Amalan Ringan Bulan Zulhijjah

Amalan yang tergolong ringan yang insyaAllah mampu melakukannya.

Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

Musibah adalah ujian, termasuk pandemi yang menimpa negeri ini. Tapi syukur tiada henti, jika di musim wabah ini Allah masih memberi kita ni’mat sehat, afiyat sehingga bisa memaksimalkan diri menambah amalan-amalan sunnah di bulan Dzulhijjah.

Apa sajakah amalan tersebut?

Amalan yang tergolong ringan yang semua umat Rasulullah Saw, insyaAllah mampu melakukannya, asal mau dan meluangkan waktu di sepuluh hari awal bulan yang dicintai Allah.

 “Dari Umar Radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid.” (HR. Imam Ahmad).

Melalui hadits di atas, kita mengetahui bahwa banyak cara untuk melakukan kebaikan, jikapun diri ini belum memiliki finansial yang memadai untuk berbagi, maka sebisa mungkin, tidak membatasi diri untuk meninggalkan amalan-amalan dzikrullah seperti tahlil (Laa ilaaha Illa Allah), takbir (Allahu Akbar) dan tahmid (Alhamdulillaah)—jika mau, bisa ditambah dengan lafadz tasbih (Subhaanallah), dengan jumlah zikir yang disesuaikan kemampuan masing-masing individu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement