Kamis 29 Jul 2021 08:35 WIB

Abu Dhabi Ganti Hukuman Penjara Ringan

Abu Dhabi ganti hukuman penjara karena kasus ringan dengan pengabdian masyarakat

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Esthi Maharani
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Foto: bbc
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI — Komando Umum Kepolisian Abu Dhabi, baru saja menggantikan hukuman penjara karena kasus ringan dengan pengabdian masyarakat. Hal itu diputuskan berdasarkan keluarnya UU tahun 2017 dari Departemen Tindakan Pelayanan Masyarakat Sektor Keamanan Masyarakat.

Direktur Cabang Pelaksanaan Tindakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Mayor Abdul Rahman Al Shibli, mengatakan, Pengabdian Masyarakat dilakukan oleh mereka yang dihukum ringan. Hukuman itu, katanya, dilakukan setelah disetujui dan ditentukan oleh resolusi, untuk mendapatkan manfaat dari layanan, yang mencakup kerja sukarela dan melayani masyarakat.

Mengutip gulf today, Kamis (29/7), hukuman kurungan penjara yang berlaku terhadap penggantian itu, adalah hukuman penjara paling singkat tujuh hari dan tidak lebih dari tiga bulan. Selama masa pengabdian, terpidana melakukan kerja bakti di salah satu lembaga atau instansi yang ditunjuk.

Al Shibli menunjukkan bahwa Pengabdian Masyarakat dilakukan di beberapa otoritas federal dan lokal di Abu Dhabi. Termasuk Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Wakaf, Distribusi ADNOC, Kementerian Kebudayaan dan Pemuda, Otoritas Pos Emirates, penuntutan, pertahanan sipil, kotamadya, Otoritas Pariwisata dan Budaya Abu Dhabi dan lembaga amal lainnya.

Dia menambahkan, di masa pandemi virus corona, Kepolisian Abu Dhabi memberikan layanan ini karena para terpidana berkontribusi memberikan manfaat bagi berbagai pihak, seperti pos pemeriksaan, balai vaksinasi, dan rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement