Kamis 29 Jul 2021 14:18 WIB

Kisah Qurban Anak Nabi Adam

Nabi Adam memerintahkan kedua anaknya qurban

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Hewan Qurban (ilustrasi)
Foto: ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Hewan Qurban (ilustrasi)

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibnu Abbas dan ulama lain mengisahkan bahwa Nabi Adam Alaihissalam hendak menikahkan setiap anak laki-laki dengan saudara kembar perempuannya. Anak laki-laki Nabi Adam sebagaimana diketahui bernama Habil dan Qabil.

Baca Juga

Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam bukunya Al-Bidayah Wan-Nihayah yang diringkas Ahmad Al Khani menjelaskan, Habil hendak menikah dengan saudara perempuan kembar Qabil, yang kebetulan berparas sangat cantik. Sedangkan Qabil menikah dengan saudara perempuan kembar Habil yang kebetulan berparas biasa-biasa saja.

Namun Qabil hendak berlaku egois terhadap saudaranya dan hendak menikahi saudara perempuan kembarnya. Qabil pun meminta kepada ayahnya, Nabi Adam agar menikahkan dirinya dengan saudara kembarnya. Tetapi Nabi Adam tidak bersedia.

 

Nabi Adam lalu memerintahkan kedua anak laki-lakinya untuk mempersembahkan qurban. Habil mempersembahkan anak kambing yang sangat gemuk karena dia adalah pemilik kambing.

Sedangkan Qabil mempersembahkan seonggok hasil pertaniannya yang paling buruk. Kemudian datanglah api yang memakan qurban Habil dan meninggalkan qurban Qabil.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement