Kamis 29 Jul 2021 20:56 WIB

Satgas: Kenaikan Jumlah Kematian Terjadi di Luar Jawa-Bali

5 dari 10 provinsi yang mengalami kenaikan jumlah kematian dari luar Jawa dan Bali.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut pentingnya memasifkan upaya deteksi dini melalui testing (pemeriksaan). Meskipun saat ini angka testing nasional sudah melebihi standar yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).
Foto:

Kenaikan kasus kematian selama dua minggu terakhir ini selalu lebih dari 1.000 kasus tiap harinya. Bahkan pada 27 Juli lalu, kasus kematian harian telah mencapai rekor tertinggi yakni sebesar 2.069 dalam satu hari.

Jumlah kematian yang terjadi pada Juli ini merupakan yang tertinggi selama pandemi di Indonesia. Wiku mengatakan, hingga kemarin terdapat total 30.168 kematian pada bulan ini. Angka ini sangat tinggi mengingat pada sebelumnya kasus kematian tertinggi yang tercatat pada Juni lalu sebesar 7.913 kasus.

Sejak lonjakan kasus terjadi, pemerintah pun terus berupaya meningkatkan kesiapan fasilitas layanan kesehatan untuk mencegah angka kematian.

Di antaranya dengan menambah tempat isolasi terpusat dan rumah sakit lapangan, pemberian bantuan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan rumah sakit, penambahan pasokan oksigen, serta peningkatan suplai obat-obatan hingga menambah tenaga kesehatan.

"Namun, masih terjadinya peningkatan kematian ini tentunya perlu untuk terus dievaluasi," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement