Jumat 30 Jul 2021 01:59 WIB

Masjid Ghana, Simbol Persahabatan Ghana-Turki

Kompleks Masjid Nasional Ghana diresmikan pada 16 Juli 2021.

Masjid Nasional Ghana

Imam Masjid Nasional Ghana, pada upacara pembukaan, mengatakan replika Masjid Biru Instanbul berdiri untuk persatuan dalam keragaman, hidup berdampingan secara damai bagi umat Islam di dunia yang terpecah dan rawan konflik.

Dalam pesannya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan, mencintai ciptaan karena pencipta adalah kecemburuan mereka yang paling penting sebagai sebuah negara, kompleks masjid adalah contoh terbaik dari pendekatan negara mereka yang menyeluruh dan inklusif terhadap manusia.

Ia mengatakan, selain menjadi hadiah untuk Ghana, masjid juga merupakan simbol persahabatan antara warga negara Turki dan orang-orang Ghana. SHS, klinik dan unit lain di dalam kompleks masjid akan melayani semua warga Ghana tanpa diskriminasi. Sejak pendiriannya, umat Islam di Ghana telah menyatakan pandangan yang beragam tentang bangunan tersebut.

Rabiatu Ammah-Koney, Dosen Senior, Departemen Studi Agama, Universitas Ghana mengatakan, senang dengan penugasan tersebut. Dia menggambarkan desain arsitektur sebagai ikon dan bangunan megah yang terletak di daerah yang didominasi Muslim, dengan lingkungan yang tenang dan rapi.

"Ibadah di dalam masjid ini untuk pertama kalinya adalah hal yang menyenangkan,” ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement