Selasa 03 Aug 2021 20:46 WIB

Mengenal Istighotsah KH Romli Tamim (I)

KH Romli Tamim menyusun wirid istighotsah di kalangan warga Nahdliyin.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
 Jakarta Islamic Centre (JIC) dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan Istighotsah Kubro dan seminar tentang wabah virus corona di Ruang Serba Guna JIC, Jakarta Utara, Sabtu (7/3).
Foto:

Kemudian, KH Musta'in Romly diangkat sebagai menjadi menantu oleh KH Abdul Wahab Chasbullah Tambakberas. Pada 1965, putra Kiai Romli merupakan pendiri Universitas Darul Ulum Jombang.

Setelah Nyai Maisaroh wafat, Kiai Romli menikah lagi dengan seorang gadis putri KH Luqman dari Swaru Mojowarno bernama Khodijah. Dari pernikahannya dengan istri ketiga ini lahir putra-putra beliau, yaitu KH Ahmad Rifa'iy Romli, KH A Shonhaji Romli, KH Muhammad Damanhuri Romly, KH Ahmad Dimyati Romly, dan KH A Tamim Romly.

Perjuangan Kiai Romli Dalam Majalah Tebuireng Edisi 38, Muhammad Abror Rosyidin mencatat, tidak banyak kisah yang didengungkan tentang kiprah Kiai Romli Tamim dalam perjuangan NU. Secara struktural mung kin ungkapan itu benar. Namun, menurut dia, secara kultural sangatlah berdosa jika ungkapan itu disandarkan kepada ulama sekaliber Kiai Romli. 

Kebudayaan tarekat masyarakat NU di Jombang dan sekitarnya sebelum peradaban Cukir di bawah asuhan Kiai Adlan Aly, Rejoso sudah menjadi sentral perjuangan kaum tarekat. Pesantren Darul Ulum didirikan oleh seorang ahli tarekat, yaitu Kiai Tamim Irsyad. Itulah mengapa tarekat menjadi ciri khas Pesantren Rejoso hingga sekarang. Tarekat yang dianut adalah aliran Qodiriyah wa Naqsabandiyah.

Muhammad Abror mengatakan, sepeninggal Kiai Tamim, Kiai Cholil dan Kiai Romli Tamim tetap melestarikan tradisi tarekat tersebut hingga akhirnya memiliki jamaah yang tersebar di berbagai daerah. Mahasantri Ma'had Aly Hasyim Asy'ari ini menjelaskan, pada masa Kiai Romli, tarekat makin berkembang dengan jamaah Kamisan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement