Rabu 04 Aug 2021 21:15 WIB

Masjid Fanar, Masjid Tertinggi di Qatar

Masjid Fanar didaulat sebagai masjid tertinggi di seluruh Qatar.

Masjid Islamic Cultural Center (ICC) Abdullah bin Zaid al-Mahmud atau lebih populer disebut Masjid Fanar dibuka untuk umum sejak 12 Januari 2008.
Foto:

Sebagai informasi, ziggurat merupakan sebutan bagi bangunan peninggalan Mesopotamia Kuno yang banyak ditemukan di daerah lembah Sungai Eufrat dan Tigris, atau yang kini mencakup Irak dan sekitarnya.

Dengan demikian, hal ini menandakan bahwa desain masjid tersebut berupaya mengelaborasi unsur-unsur budaya setempat dengan gaya bangunan-bangunan terkenal dari sejarah peradaban Islam dalam hal ini, Masjid Agung Samarra.

Masjid Fanar yang didominasi warna krem ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik, seperti perpustakaan, museum sejarah peradaban Islam, dan balai sidang. Macam-macam kegiatan rutin juga diselenggarakan pihak pengelola untuk memakmurkan masjid tersebut, misalnya kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Ada pula pusat kajian dan informasi yang berguna untuk mereka yang hendak mengenal Islam lebih lanjut. Sebagian dari keistimewaan masjid ini bagi penduduk setempat dapat dilihat pada penyelenggaraan ibadah shalat Jumat.

Khutbah yang diadakan selalu dwibahasa, yakni menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Tujuannya agar turis yang mengunjungi museum dan ruang-ruang lain disekitar masjid tertarik untuk menyimak uraian yang disampaikan khatib. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat lebih mengenal ajaran agama ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement