Rabu 04 Aug 2021 21:42 WIB

Kemenparekraf Dorong Penguatan Peran Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah merupakan tren global yang memiliki potensi berkembang di Indonesia.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparekraf) Sandiaga Uno menyerahkan hewan kurban yang akan di potong di Rumah Pemotongan Hewan, Juanda, Depok, Jawa Barat, Selasa (20/7).
Foto:

"Kami punya Modest Fashion Funders Fund yang merupakan sebuah pitching forum yang mempertemukan startup-startup fesyen muslim dengan para investor, kita juga punya program temu bisnis perbankan syariah dan kelas keuangan syariah," ujar Fadjar.

Fadjar juga mengajak KNEKS untuk bersama-sama meningkatkan pengembangan brand keuangan dan ekonomi syariah, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Di sisi pariwisata, berdasarkan Global Muslim Travel Index 2021, Indonesia berada di peringkat keempat.  

Sebelumnya Indonesia berada di peringkat satu. Sehingga ini jadi cambuk bagi Kemenparekraf untuk kembali meningkatkan peringkat di Global Muslim Travel Index ini. Ia memohon dukungan dari KNEKS juga.

Sementara itu, Direktur Utama KNEKS, Ventje Rahardjo, mengatakan Indonesia punya potensi yang sangat besar untuk menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Namun, literasi dan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai keuangan dan ekonomi syariah masih terbilang rendah.

 

"Untuk menuju ke sana masih banyak tantangan, masih sedikit masyarakat kita yang mengetahui apa itu ekonomi dan keuangan syariah, oleh karena itu, kita ingin mendorong agar literasi ini semakin kuat," kata Ventje. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement