Rabu 04 Aug 2021 23:21 WIB

Mbah Manab Lirboyo Didik Santri-Santri Pejuang (I)

Mbah Manab mendirikan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah santri antre memasuki bilik disinfektan di area Pondok Pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (20/6/2020). Sedikitnya 2
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Sejumlah santri antre memasuki bilik disinfektan di area Pondok Pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (20/6/2020). Sedikitnya 2

IHRAM.CO.ID,  Nama lengkapnya KH Abdul Karim. Orang memanggilnya Mbah Manab. Kelahirannya terjadi di Desa Diyangan, Kawedanan, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, pada 1856 Masehi. Dia merupakan putra ketiga dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Kiai Abdur Rahim dan Nyai Salamah. Saat masih kecil, orang tua memanggilnya Manab. Karena itu, dia kemudian dipanggil Mbah Manab.

Saat usia 14 tahun, Manab muda mulai berpisah dari orang tuanya untuk menuntut ilmu agama. Dia berangkat bersama kakeknya, Kiai Aliman, menuju sebuah pesantren di Desa Babadan, Gurah, Kediri. Kemudian, meneruskan pengembaraan ke daerah Cepoko, 20 kilometer arah selatan daerah Nganjuk. Di pesantren tersebut, Mbah Manab mempelajari ilmu agama kurang lebih selama enam tahun. Setalah dirasa cukup, dia meneruskan studi ke Pesantren Trayang, Bangsri, Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur.

Baca Juga

Di Pesantren Trayang itu dia memperdalam pengkajian ilmu Alquran. Lalu, melanjutkan pengembaraan ke Pesantren Sono, sebelah timur Sidoarjo, yang terkenal dengan ilmu Sharaf. Dia belajar di pesantren ini sekitar tujuh tahun. Selanjutnya, dia nyantri di Pondok Pesantren Kedungdoro, Sepanjang, Surabaya.

Hingga akhirnya, meneruskan pengembaraan ilmu di salah satu pesantren yang diasuh ulama kharismatik Madura, Syaikhuna Kholil Bangkalan. Tak tanggung-tanggung, Mbah Manab berguru di pesantren ini selama 23 tahun. Dalam usia yang terus bertambah, dia masih belum tertarik membina rumah tangga.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement