Sabtu 07 Aug 2021 05:34 WIB

Mengenal Nama-Nama Bulan Hijriyah dan Maknanya

Berikut 12 nama bulan pada kalender Hijriyah

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Tahun baru Islam
Foto:

7. Rajab (رجب)

Dalam tradisi Arab, bulan Rajab termasuk bulan yang haram bagi mereka untuk melakukan peperangan. Dinamakan Rajab karena salah satu makna rajab dalam bahasa Arab adalah sesuatu yang mulia. Maksudnya bangsa Arab memuliakan dirinya dan orang lain dengan tidak saling membunuh. Ada juga yang mengatakan Rajab berarti melepaskan mata pisau dari tombak sebagai simbol berhentinya perang.

8. Sya’ban (شعبان)

Asal kata bulan ini dari syi’b yang berarti kelompok. Disebut Sya’ban karena saat memasuki bulan ini, orang-orang Arab kembali ke kelompok (suku) mereka masing-masing. Ini dilakukan untuk menyiapkan perang setelah bulan sebelumnya mereka tidak berperang.

9. Ramadhan (رمضان)

Ramadhan berasal dari kata Ramadh yang berarti panas yang menyengat atau membakar. Dinamakan Ramadhan karena memang matahari pada bulan ini jauh lebih menyengat dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

10. Syawwal (شوال)

Bangsa Arab mengenal jenis burung an-Nauq yang biasanya akan hamil pada bulan ini. Mereka akan mengangkat sayap dan ekornya sehingga terlihat kurus badan burung tersebut. Mengangkat sayap atau ekor disebut Syaala yang merupakan asal kata nama bulan ini.

11. Dzulqo’dah (ذوالقاعدة)

Asal kata bulan ini adalah qa’ada yang berarti duduk atau istirahat (tidak beraktivitas). Disebut qa’ada karena pada bulan ini orang-orang Arab sedang istirahat dari berperang guna menyambut bulan haji, yaitu Dzulhijjah.

12. Dzulhijjah (ذوالحجاة )

Pada bulan ini orang-orang Arab biasanya menunaikan haji ke Makkah. Bahkan sejak dulu, bangsa Arab sudah terbiasa pergi haji dan melakukan tawaf di Ka’bah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement