Ahad 08 Aug 2021 07:59 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah

Kilat dan angin kencang juga berpotensi terjadi.

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah. Ojek payung mengawal pelanggan  saat hujan deras di Stasiun Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah. Ojek payung mengawal pelanggan saat hujan deras di Stasiun Yogyakarta.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Ahad (8/8).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Jumat, disampaikan potensi hujan sedang hingga lebat diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat. Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat.

Baca Juga

BMKG menyampaikan, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatra yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau di perairan barat Sumatra Barat hingga Bengkulu. Daerah sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Aceh hingga Sumatera Utara, di Bengkulu, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan bagian utara, dari Jawa Tengah bagian barat hingga Banten, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, dan memanjang di Papua bagian tengah. BMKG menyampaikan kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement