Ahad 15 Aug 2021 16:31 WIB

Haji Bektash Veli, Filsuf Muslim Sebarkan Islam di Turki

Haji Bektash Veli dianggap sebagai pemimpin sufi berpengaruh di Anatolia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Sufi (ilustrasi).
Foto:

Namun, selama hidupnya, Haji Bektash Veli tidak disebutkan dalam kronik sejarah resmi. Catatan sejarah Sufi tidak mencatatnya sebagai pemimpin Sufi yang penting.

Sejarah tidak banyak bercerita tentang Haji Bektash Veli. Para penguasa Anatolia Turki awal tidak memperhatikan Haji Bektash Veli. Dia akan dianggap sebagai salah satu Sufi yang berkeliaran dengan kepercayaan dan ritual yang penuh warna. 

Menurut sejarawan Ahmet Yaşar Ocak, seorang ahli legenda Sufi Anatolia yang dia sebut “heterodoksi,” Haji Bektash Veli datang ke Anatolia dari Khorasan sebagai pemimpin suku “Bektaşlı”, suku Oghuz pada abad ke-13 karena invasi Mongol ke Asia.

Menurut Ocak, Haji Bektash Veli seharusnya bergabung dengan ordo Vafaiyya yang dipimpin oleh Baba Ilyas. Saudara laki-laki Haji Bektash Veli, Mentesh juga berperan dalam pemberontakan Baba dan terbunuh dalam pertempuran dengan pasukan Seljuk.

Sementara itu, Haji Bektash Veli terus bersembunyi sebelum ia muncul kembali di Karayol di Anatolia tengah setelah pemberontakan Baba Ilyas berakhir dalam kegagalan. 

Dilansir Daily Sabah, Ahad (15/8), Haji Bektash Veli tinggal di sebuah kota kecil dan tenang di Anatolia tapi dia mengirim anak buahnya ke seluruh wilayah Seljuk untuk mengumpulkan orang-orang untuk tarekat Sufinya dan mengubah orang-orang Mongol masuk Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement