Senin 16 Aug 2021 03:16 WIB

Jalan Hidup Zuhud Abu Darda

Kisah Abu Darda menggambarkan konsistensinya amalkan kesederhanaan

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, Abu Darda bertempat tinggal di Syam (Suriah).Suatu kali, sang amirul mukminin ingin bersilaturahim langsung dengan sahabat Nabi SAW itu. Al-Faruq pun mendatanginya dengan menempuh rute panjang dari Madinah.

Umar sangat penasaran dengan kondisi kehidupan Abu Darda. Sebab, berbagai kabar yang diterimanya mengatakan, lelaki dari Suku Khazraj itu sering mengalami kesulitan finansial. Pernah, sekali waktu, sang khalifah menawarkan jabatan yang tinggi kepadanya. Itu dengan pertimbangan, gaji yang ada insya Allah dapat mencukupi keperluan sehari- harinya. Akan tetapi, tawaran tersebut tanpa ragu ditolak Abu Darda.

Setelah menempuh perjalanan, Umar pun tiba di Syam. Setelah beristirahat, pemimpin kedua dalam jajaran khulafaur rasyidinitu berangkat ke kediaman Abu Darda, sebagaimana diinfokan beberapa bawahannya. Betapa terkejutnya sang pemimpin ketika mendapati rumah tersebut tidak dikunci. Dari luar, tampak seisi kediaman ini gelap gulita.

"Assalamualaikum, ya Abu Darda!" seru Umar.

Mendengar itu, sang tuan rumah segera menjawab salam. Begitu mengetahui ada tamu, Abu Darda mempersilakannya masuk. Ternyata, pengunjungnya adalah sang khalifah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement