Senin 16 Aug 2021 20:02 WIB

Peran Hamid Gul dan Lahirnya Taliban

Hamid Gul membantu menciptakan kelompok Taliban.

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Agung Sasongko
Hamid Gul
Foto: Telegraph
Hamid Gul

IHRAM.CO.ID,  Ada sedikit peran sosok Hamid Gul dibalik keberhasilan Afganistan mengusir pendudukan Uni Soviet. Gul memimpin Antar-Dinas Intelijen (ISI) Pakistan pada 1987-1989 selama masa terakhir pendudukan Soviet di Afghanistan. Gul yang melatih pejuang Afghanistan melawan Soviet dan membantu menciptakan kelompok Taliban. 

Pada masa pensiunnya, ia masih terlihat sebagai sosok dengan pola pikir pendirian dan intelijen militer kuat di Pakistan. Menyusul penarikan Soviet dari Afghanistan pada 1989, negara itu kemudian meluncur ke dalam kekacauan.

Baca Juga

Pejuang Taliban dilatih di Pakistan secara bertahap. Gul tidak hanya memberikan pelatihan militer dan ikut berperan aktif bersama tokoh-tokoh lain dalam membesarkan Taliban, sebuah kekuatan baru di Afghanistan yang berbasis pelajar, tetapi juga memasukkan ideologi-ideologi kuat.

Gul berhasil membesarkan dan menciptakan mesin politik dan militer baru Afghanistan, yakni Taliban. Tak heran jika beberapa media Barat menyebut Gul sebagai the Godfather of Taliban.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement