Senin 16 Aug 2021 20:02 WIB

Peran Hamid Gul dan Lahirnya Taliban

Hamid Gul membantu menciptakan kelompok Taliban.

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Agung Sasongko
Hamid Gul
Foto:

Deutsche Welle (DW), media ternama Jerman, menurunkan artikel pada 16 Agustus 2015 berjudul The godfather of the Taliban: Hamid Gul and his legacy.

Beberapa negara pun menyatakan sangat khawatir atas kiprah Hamid Gul ini, di antaranya India dan Amerika Serikat yang sebenarnya pendukung Gul.

Gul tetap menjadi pusat perhatian setelah meninggalkan militer dan populer di kalangan kelompok-kelompok Islam garis keras Afghanistan dan Pakistan untuk pandangan yang kuat tentang Pakistan yang merupakan saingan dari India dan Amerika Serikat.

India melihat Gul dengan kecurigaan mendalam karena diduga mempunyai hubungan dengan militan Kashmir yang memerangi pemerintahan New Delhi. Washington yang telah bekerja sama dengan Gul selama tahun 1980-an tetapi kemudian melobi PBB untuk memasukkannya ke dalam daftar teroris internasional.

Dalam wawancara dengan AFP pada Juni 2014, Gul mengatakan perang terus berlanjut jika Afghanistan menandatangani pakta keamanan yang memungkinkan sekitar 10.000 tentara yang dipimpin AS untuk tetap di negara itu dalam peran bukan tempurnya hingga 2016.

Gul juga mengingat kunjungan terakhirnya ke Afghanistan pada Agustus 2001, ketika ia adalah kepala tamu di parade akhir yang diselenggarakan oleh pemerintah Taliban.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement