Rabu 18 Aug 2021 21:45 WIB

Pendiri Taliban Tiba di Afganistan

Mullah Abdul Ghani Baradar, Salah satu pendiri Taliban tiba di Afganistan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Pemimpin senior Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar.
Foto: Istimewa
Pemimpin senior Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar.

IHRAM.CO.ID, KANDAHAR -- Mullah Abdul Ghani Baradar, Salah satu pendiri Taliban kemungkinan akan menggantikan posisi Ashraf Ghani sebagai Presiden Afganistan. Apalagi Baradar dikabarkan telah kembali dari Qatar, Selasa (17/8).

Kedatangan Baradar dari Qatar menandai kembalinya kepemimpinan pemimpin Taliban itu di Afghanistan. Dia telah menghabiskan berbulan-bulan memimpin negosiasi tentang penarikan pasukan AS.

Baca Juga

 

Dikutip dari BBC, rekaman telah muncul menunjukkan orang banyak yang bersorak-sorai bertemu Baradar saat dia mengendarai mobil dari bandara Kandahar. Kandahar adalah tempat kelahiran spiritual kelompok itu dan pangkalan terpenting mereka sebelum mereka digulingkan dalam kampanye militer pimpinan Amerika Serikat (AS) 20 tahun lalu.

 

Baradar lahir di Provinsi Uruzgan dan dibesarkan di Kandahar, yang sekaligus menjadi awal mula pergerakan Taliban. Masa kecilnya dibebani dengan pertumpahan darah selama invasi Uni Soviet pada dekade 1970-an, yang ikut mendorongnya mengangkat senjata.

Usai kepergian Uni Soviet, Baradar membantu saudara iparnya, Mohammad Omar, membuka sebuah pesantren yang mengkampanyekan pembentukan kekhalifahan Islam. Kekuatan Taliban semakin menguat dan menarik perhatian dinas rahasia Pakistan, yang lalu membantu Omar merebut kekuasaan pada 1996.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement