Jumat 20 Aug 2021 16:08 WIB

Muslim Australia Kini Bisa Raih Pembiayaan Syariah di NAB

NAB Bank yakin perbankan syariah tumbuh pesat hingga 15 persen di Australia

keuangan syariah/ilustrasi
Foto:

Kepala perusahaan keuangan syariah, Amanah Finance Asad Ansari mengatakan, filosofi utama dari sistem perbankkan syariah ini lebih dari sekadar menghindari bunga. Ini juga tentang hubungan berbasis perdagangan.

"Nasabah beresiko dan bank beresiko, dan untuk mencapai itu bukan hubungan hutang, itu lebih seperti hubungan kemitraan," kata Asad Ansari.

Asad menjelaskan, keuangan Islam melakukan pinjaman rumah secara berbeda. Salah satu model yang lebih umum digunakan di Australia disebut Ijarah Muntahia Bittamleek.

"Di sinilah pemodal Islam membeli rumah untuk klien dan kemudian menyewakannya kepada mereka selama jangka waktu tertentu, umumnya beberapa dekade," terang Asad.

Seiring waktu, klien membayar rumah melalui pembayaran sewa, yang mencakup keuntungan bagi pemodal dan mencerminkan suku bunga pasar. Akhirnya, aset tersebut sepenuhnya dilunasi oleh klien dan mereka memiliki rumah tersebut secara langsung.

 

Masalahnya dalam konteks Australia adalah bahwa undang-undang tidak mengatur untuk gaya pinjaman ini, jadi secara teknis rumah tersebut dimiliki oleh rumah tangga sejak awal, tetapi dengan perjanjian hukum bahwa pemberi pinjaman Islam berhak atasnya.  Asad berharap di kemudian hari pemerintah Australia dapat mengatur ini di dalam undang-undang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement