Jumat 20 Aug 2021 16:05 WIB

Yang Harus Dibersihkan oleh Nabi Ibrahim di Ka'bah

Yang Harus Dibersihkan oleh Nabi Ibrahim di Ka'bah

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Yang Harus Dibersihkan oleh Nabi Ibrahim di Ka'bah. Foto:   Setelah pada Kamis (5/3) malam lalu Shahnul Mathaf atau area thawaf lantai dasar ditutup untuk disterilkan, kini kerajaan memagari Ka
Foto: dok. Istimewa
Yang Harus Dibersihkan oleh Nabi Ibrahim di Ka'bah. Foto: Setelah pada Kamis (5/3) malam lalu Shahnul Mathaf atau area thawaf lantai dasar ditutup untuk disterilkan, kini kerajaan memagari Ka

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Manasik haji disyariatkan kepada Nabi Ibrahim sampai berlanjut kepada anak keturunannya Nabi Muhammad SAW. Syariat manasik haji berawal dari turun perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk membersihkan Ka'bah Baitullah.

"Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, "Bersihkanlah rumah-Ku." (Al-Baqarah: 125).

Baca Juga

Ibnu Jarir mengatakan, makna ayat ini ialah "Dan Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail untuk menyucikan rumah-Ku bagi orang-orang yang tawaf'. Perintah menyucikan Baitullah yang ditujukan kepada keduanya ialah agar menyucikannya dari berhala-berhala dan dari penyembahan kepada berhala-berhala di dalamnya.

"Dan juga diperintahkan untuk menyucikannya dari segala kemusyrikan," tulis Syekh Imam Al-Hafiz, Imaduddin Abul Fida Ismail ibnul Khatib Abu Hafs Umar ibnu Katsir.

Kemudian Ibnu Jarir mengemukakan hipotesisnya. Untuk itu dia mengatakan, jika timbul pertanyaan "Apakah sebelum Nabi Ibrahim membangun Ka'bah, di dalam Ka'bah terdapat sesuatu dari hal tersebut yang Nabi Ibrahim diperintahkan untuk memberantasnya?" Sebagai jawabannya dapat dikatakan dua alasan berikut.

Pertama, Allah memerintahkan keduanya (Ibrahim dan Ismail) untuk menyucikan Baitullah dari penyembahan segala macam berhala dan patung-patung, yang hal ini dilakukan di masa silam di zaman Nabi Nuh 'alaihissalam.Tujuannya agar hal tersebut menjadi teladan bagi orang-orang sesudah zaman keduanya; mengingat Allah SWT telah menjadikan Nabi Ibrahim sebagai seorang imam yang diikuti. 

Seperti apa yang dikatakan oleh Abdur Rahman ibnu Zaid sehubungan dengan takwil firman-Nya: Bersihkanlah rumah-Ku olehmu berdua. (Al-Baqarah: 125) Yakni dari segala macam berhala yang disembah dan diagungkan oleh orang-orang musyrik di masa lalu.

Menurut Syekh Imam Al-Hafiz, Idan Imaduddin Abul Fida Ismail ibnul Khatib Abu Hafs Umar ibnu Katsir jawaban ini menyimpulkan bahwa dahulu di masa sebelum Nabi Ibrahim dilakukan penyembahan terhadap berhala di tempat tersebut.

"Tetapi hal ini memerlukan bukti berupa dalil dari orang yang ma'sum, yaitu dari Nabi SAW," katanya.

Kedua, Allah memerintahkan keduanya ikhlas dalam membangunnya karena Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Maka keduanya membangunnya seraya menyucikannya dari kemusyrikan dan keraguan, seperti yang disebutkan di dalam firman-Nya:

"Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya di atas dasar takwa kepada Allah dan keridaan-(Nya) itu yang baik, ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh. (At-Taubah: 109).

Maka turunlahyang yang artinya bangunlah rumah-Ku oleh kamu berdua dalam keadaan bersih dan suci dari kemusyrikan dan keraguan. Seperti apa yang dikatakan oleh As-Saddi, makna an-tahhira baitiya ialah bangunlah oleh kamu berdua rumah-Ku ini buat orang-orang yang tawaf.

Kesimpulan dari jawaban di atas ialah bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan kepada Nabi Ibrahim 'alaihissalam dan Nabi Ismail 'alaihissalam membangun Ka'bah atas nama Nya semata tiada sekutu bagi-Nya buat orang-orang yang tawaf dan i'tikaf serta orang-orang yang mengerjakan salat di dalamnya dari kalangan orang-orang yang rukuk dan sujud, seperti yang disebutkan di dalam firman-Nya:

Dan (ingatlah) ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan), "Janganlah kamu mempersekutukan sesuatu pun dengan Aku dan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang tawaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang rukuk dan sujud." (Al-Hajj: 26)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement