BPJPH Diminta Optimalkan Percepatan Sertifikasi Hala UMKM

Rabu , 25 Aug 2021, 16:30 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Agung Sasongko
Wakil Presiden Maruf Amin.
Wakil Presiden Maruf Amin.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) diminta mengoptimalkan upaya percepatan sertifikasi halal bagi usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

 

Terkait

"Khusus terkait sertifikasi halal pelaku UMKM, saya percaya BPJPH dapat mengoptimalkan sinergi dengan 12 pemangku kepentingan yang ada untuk mempercepat implementasi Sistem Jaminan Produk Halal (SPJH) bagi pelaku UMKM," kata Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di acara “Kick Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal” yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Rabu (25/7).

Baca Juga

Wapres mengatakan, sertifikasi halal penting untuk memberikan keunggulan produk-produk UMKM industri halal, baik untuk pasar domestik maupun pasar internasional. Sebab, kebutuhan produk UMKM halal tidak hanya dilihat dari kuantitas, tetapi juga kualitas dari produknya.

Apalagi, saat ini Indonesia mendorong produk halalnya menjadi produsen halal dunia dan dapat diekspor ke seluruh penjuru dunia. Karena itu, ia menilai perlu dilakukan peningkatan kapasitas dorongan untuk menjadikan UMKM industri halal sebagai bagian dari rantai nilai industri halal global (global halal value chain).

"Khusus untuk pasar ekspor, BPJPH melalui fasilitasi Manajemen Eksekutif KNEKS diharapkan dapat bersinergi dengan Kementrian Perdagangan dalam upaya percepatan ekspor produk halal," ujar Wapres.