Saran bagi Muslimah Sebelum ke Tanah Suci

Kamis , 26 Aug 2021, 15:20 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Saran bagi Muslimah Sebelum ke Tanah Suci. Foto:   Jamaah calon haji wanita.
Saran bagi Muslimah Sebelum ke Tanah Suci. Foto: Jamaah calon haji wanita.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Berkunjung ke tanah suci merupakan impian setiap muslim dan muslimat. Ada ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang muslimah saat keinginan itu tiba, kemudian diberi rezeki oleh Allah untuk menyegerakan ibadah ke Baitullah haji atau umroh.

 

Terkait

Honey Miftahul Jannah memberikan beberapa saran sebelum seorang Muslimah berangkat ke Baitullah. Pertama Muslimah harus enemukan seseorang atau sebuah lembaga yang bisa membantu agar bisa dengan lancar pergi ke tanah suci. 

Baca Juga

"Bertanya kepada kerabat atau teman yang pernah pergi ke Baitullah," tulis Honey dalam bukunya Haji dan Umroh Bagi Muslimah.

Kedua mencari agen perjalanan haji dan umrah merupakan salah satu langkah yang tepat. Sebelum menentukan agen perjalanan mana yang akan digunakan jasanya, ada baiknya mencari informasi yang tepat tentang agen perjalanan yang bagus dan tidak. 

"Mengingat sekarang ini semakin banyak korban yang tertipu karena kurangnya informasi mengenai agen perjalanan haji dan umrah yang benar-benar terpercaya," katanya.

Muslimah harus mencari agen perjalanan yang terbaik, berpengalaman, memiliki jejak rekam yang bagus. Cari informasi sebanyak mungkin bisa 4 sampai 5 agen.

"Cari informasi mengenai beberapa agen perjalanan. Manfaatkan pengalaman dari kerabat dan teman dekat untuk bertanya tentang seputar agen perjalanan ini," katanya.

Pastikan agen tersebut memiliki legalitas yang lengkap dan masih berlaku, seperti surat izin usaha biro perjalanan umum, surat izin tetap usaha pariwisata, tanda daftar perusahaan.

NPWP perusahaan, surat keterangan domisili perusahaan, SK menkeh akta pendirian perusahaan, SK Depag Dirjen penyelenggaraan Haji dan umrah sebagai penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus, SK Dirjen penyelenggaraan Haji dan umrah sebagai penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh.

Sertifikat anggota asosiasi seperti Amphuri, sertifikat lembaga bisnis syariah dan dewan syariah nasional MUI.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini