Penjelasan Rasulullah Tentang Umroh

Kamis , 26 Aug 2021, 15:07 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Penjelasan Rasulullah Tentang Umroh.
Penjelasan Rasulullah Tentang Umroh.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Ada sahabat yang bertanya mengenai apakah manasik umroh dilakukan saat haji saja. Sahabat yang bertanya itu namanya Suraqah bin Malik.

 

Terkait

"Wahai Rasul, apakah hal seperti ini umroh di bulan haji khusus untuk tahun sekarang ini saja atau selamanya."

Baca Juga

Nabi menjawab, "Umroh telah masuk dalam Haji dua kali......Tidak hal seperti ini untuk seterusnya."

Selama empat hari Rasulullah SAW berada di Makkah untuk menyelesaikan tawaf dan Sa'i bersama istri dan para sahabatnya. Berarti Rasulullah SAW telah melakukan sebagian Haji Ifrad bersama 100 lebih para sahabat.

"Sedangkan yang lainnya atas petunjuk Rasulullah SAW melakukan haji tamattu," kata Iwan Gayo dalam Buku Pintar Haji.

Pada hari Tarwiyah tanggal 8 Zulhijah tahun 10 H dengan berihram untuk Haji, Rasulullah SAW ikut para sahabat meninggalkan Makkah menuju Madinah dengan mengendarai unta yang bernama AlQaswa selama 1 hari 1 malam. Setiba di Madinah Rasulullah SAW mengerjakan sholat zuhur, asar, magrib, isya dan subuh.

"Kemudian istirahat sambil makan dulu matahari terbit," katanya.

Setelah sholat subuh Rasulullah SAW menunggu sebentar hingga matahari terbit, lalu beliau memerintahkan para sahabat membentangkan kemah di namirah Arafah. Pagi itu yang bertepatan dengan hari Arafah 9 Zulhijjah tahun 10H Rasulullah meninggalkan Mina menuju Arafah.

Dalam perjalanan Rasulullah SAW berhenti atau berdiri di Muzdalifah seperti yang biasa dikerjakan orang-orang Quraisy pada zaman Jahiliyah, Rasulullah SAW tidak langsung masuk Arafah, akan tetapi tinggal beberapa saat di Namirah, yaitu di sebuah kemah hingga waktu wukuf matahari tergelincir.

Rasulullah SAW berangkat dengan mengendarai AlQswa ke lembah Waadi Aranah (Bathnul Waadi) di dekat Arafah. Di tempat ini Rasulullah SAW yang menyampaikan khutbah haji wada.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini