Presiden Mesir Desak Pembinaan Generasi Imam dan Khatib

Jumat , 27 Aug 2021, 17:45 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Agung Sasongko
Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi, tengah, tiba di bandara di Baghdad, Irak, Minggu, 28 Juni 2021.
Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi, tengah, tiba di bandara di Baghdad, Irak, Minggu, 28 Juni 2021.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi mendesak dilakukannya pembinaan pada generasi baru imam dan khatib Muslim yang tercerahkan. Hal itu disampaikannya ketika ia bertemu dengan Menteri Wakaf Agama Mohamed Mokhtar Gomaa, Kamis (26/8).

 

Terkait

Sisi menekankan bahwa generasi imam tersebut harus memperkuat strategi negara dengan mempromosikan pemikiran moderat rasional dan prinsip-prinsip agama yang benar guna memperbaiki kesalahpahaman. Menurut El-Sisi, implementasi dari strategi itu datang melalui pengembangan generasi imam dan khatib yang tercerahkan yang dapat membuat opini publik yang religius disiplin.

Baca Juga

Sisi mengatakan, hal itu harus dilakukan dengan cara mengadopsi yurisprudensi (ilmu hukum) dari realitas tanpa keliru untuk menjaga prinsip-prinsip hukum Islam (syariah) yang benar. Selain itu, Sisi juga meminta untuk meningkatkan upaya yang bertujuan untuk membantu kondisi keuangan para imam. 

Selanjutnya, Sisi memerintahkan untuk mengintensifkan program ilmiah dan budaya, termasuk program pelatihan bagi para imam di Akademi Awkaf Internasional dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan membangun kesadaran 

Dilansir di Ahram Online, Jumat (27/8), selama pertemuan tersebut menteri wakaf menjelaskan kepada El-Sisi tentang upaya kementerian untuk mengintensifkan komunikasi dengan lembaga-lembaga agama moderat di seluruh dunia untuk berkontribusi menyebarkan pemikiran moderat, dan mencapai perdamaian global.