Allah SWT Bersumpah Negeri Makkah Aman

Selasa , 31 Aug 2021, 08:25 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Allah SWT Bersumpah Negeri Makkah Aman. Foto: Kabah yang sepi dari jamaah di Masjid al Haram, Kota Suci Makkah, Arab Saudi, Sabtu, 7 Maret 2020. Masjid al Haram sepi karena virus corona.
Allah SWT Bersumpah Negeri Makkah Aman. Foto: Kabah yang sepi dari jamaah di Masjid al Haram, Kota Suci Makkah, Arab Saudi, Sabtu, 7 Maret 2020. Masjid al Haram sepi karena virus corona.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Keamanan negeri Makkah telah dijamin oleh Allah SWT. Bahkan Allah SWT bersumpah atas keamanan negeri Makkah seperti yang diabadikan surah At-Tin ayat 3:

 

Terkait

"Dan demi negeri (Makkah) yang aman."

Baca Juga

Ibnu Katsir mengatakan bahwa para ulama berpendapat ada tiga tempat aman yang

di masing-masing tempat itu Allah telah membangkitkan Nabi-nabi utusanNya,

Rasul-rasul yang terkemuka, mempunyai syariat yang besar-besar. Pertama tempat yang di mna bahyak tumbuh Tin dan Zaitun.

"Itulah Baitul-Maqdis," begitu kata Ibnu Katsir seperti ditulis Prof Buya Hamka dalam tafsirnya Al Azhar.

Di  sanalah Tuhan mengutus Isa bin Maryam 'alaihis-salam. Kedua: Thurisinina, yaitu Thurisina, tempat Allah berbincang-bincang dengan Musa bin llmran, 'alaihis-salam.

Ketiga: Negeri yang aman, yaitu Makkah.

"Barangsiapa yang masuk ke sana, terjaminlah keamanannya. Di sanalah diutus Tuhan RasulNya Muhammad SAW," katanya.

Kata lbnu Katsir selanjutnya: "Dan di dalam Taurat pun telah disebut tempat yang tiga lni; "Telah datang Allah dan Thutsina," yaitu Allah telah bercakap-cakap dengan Musa.

"Dan memancar Dia dari Seir" yaitu sebuah di antara bukit-bukit di Baitul-Maqdis, yang di sana Isa Almasih dibangkitkan.

"Dan menyatakan dirinya di Faran." Yaitu nama bukit-bukit Makkah, tempat Nabi Muhammad SAW diutus. Maka disebutkan itu semua itu guna memberitahukan adanya, Rasul-rasul itu diutus.

"Sebab itu diambilnya sumpah, berurutan yang mulia, yang lebih mulia dan yang paling mulia."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini