Miqat Makani Mana yang Paling Jauh dari Makkah?

Kamis , 02 Sep 2021, 06:09 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Reiny Dwinanda
Masjid Bir Ali tampak dari kejauhan, Madinah, Arab Saudi. Tempat ini merupakan awal miqat jamaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Jamaah haji Indonesia akan memulai ihram dan niat miqat dari Masjid Bir Ali.
Masjid Bir Ali tampak dari kejauhan, Madinah, Arab Saudi. Tempat ini merupakan awal miqat jamaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Jamaah haji Indonesia akan memulai ihram dan niat miqat dari Masjid Bir Ali.

- Di asrama haji embarkasi Tanah Air. Hanya saja, kendalanya adalah menjaga larangan ihram. Sebab, waktu penerbangan sangat lama, yakni kurang lebih 10 sampai 11 jam.

 

Terkait

Sementara itu, keadaan di pesawat terbilang dingin. Atas dasar kesulitan-kesulitan tersebut maka sebaiknya jamaah haji Indonesia gelombang 2 memulai berihram dengan mengambil miqat Makani di Bandara King Abdul Aziz Internasional Jeddah.

 - Apabila seseorang melewati miqat yang telah ditentukan dan tidak ihram maka ia wajib membayar dam dengan memotong seekor kambing. Alternatifnya, kembali ke miqat haji terdekat yang dilewati sebelum melakukan salah satu kegiatan ibadah haji atau umroh.

Misalnya, jamaah haji yang datang dari Madinah seharusnya memulai ihram dengan miqot di Bir Ali. Apabila melewatinya tanpa berihram maka dibolehkan mengambil miqat dari Jufah (rabigh).

2. Juhfah

Miqat Juhfah biasa dipakai oleh penduduk yang datang dari arah Mesir atau sekitarnya. Jaraknya sekitar 180 km sebelah barat dari kota Makkah.

3. Qarn al-Manazil

photo

Masjid Qarnul Manazil yang dijadikan salah satu tempat miqat untuk umrah dan haji. - (Muhammad Hafil / Republika)

Letaknya di Gunung Musyrif Arafah, sekitar 94 kilometer di sebelah timur Kota Makkah. Qarnul Manazil menjadi miqat bagi penduduk Najd, penduduk sekitar teluk, dan mereka yang melalui jalan Riyadh-Thaif.

4. Zat Irq

Miqat ini dinamakan Zatu Irqin karena di sana terdapat gunung yang mengelilingi lembah-lembah yang merupakan lokasi perkampungan yang terletak dua marhalah 119,9 km dari Makkah. Miqat ini tidak termasuk miqat yang disebut dalam hadist Rasulullah, tetapi sudah disepakati oleh para ulama.

5. Yalamlam

Namanya diambil dari nama gunung dari pegunungan yang terletak sekitar 125 km dari Makkah. Inilah miqat penduduk Yaman.