Senin 06 Sep 2021 19:55 WIB

KH Muhammad Syanwani, Ulama-Pendidik Istiqamah (II)

Kiai Syanwani menamakan pesantrennya Ashhabul Maimanah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pesantren
Foto:

Seiring dengan meningkatnya keinginan masyarakat akan pendidikan agama bagi putraputrinya, jamaah pengajian Jumatan tersebut kemudian menghadap Kiai Syanwani. Mereka memohon untuk mendirikan cabang-cabang Mad rasah Ashhabul Maimanah. Akhirnya, didirikanlah cabang madrasah tersebut beberapa daerah di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Selain mendirikan madrasah, Kiai Syanwani juga mendirikan cabang Perguruan Tinggi Islam Banten (PTIB) Serang. Di kampus ini, Kiai Syanwani menjabat sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin, sedangkan posisi rektor dijabat oleh sahabatnya yang mendirikan PTIB Serang, yaitu Prof KH Wahab Afif.

Kiai Syanwani menyelenggarakan perkuliahan di kampus tersebut pada 1987. Kontribusi Kiai Syanwani dengan menyelenggarakan perkualian tersebut merupakan cerminan dari jiwa pengabdian dan perjuangan seorang Kiai Syanwani untuk kemajuan Islam dan kemuliaan umat Islam. 

 

Sejak mengajar di kampus tersebut, ia mulai menderita penyakit darah tinggi. Bahkan, dirinya sempat dirawat di beberapa rumah sakit. Setelah sakit-sakitan, aktivitas dakwahnya pun mulai dikurangi. Hingga akhirnya, Kiai Syanwani berpulang ke rahmatullah pada 17 April 1993. Jenazahnya dikebumikan di tanah permakaman milik keluarga besarnya di Sampang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement