Selasa 07 Sep 2021 18:26 WIB

Muslim New Mexico Ulurkan Bantuan Bagi Pengungsi Afghanistan

Pengungsi Afghanistan mulai berdatangan di Pangkalan Udara Holloman, New Mexico.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Muslim New Mexico Ulurkan Bantuan Bagi Pengungsi Afghanistan. Seorang tentara berbicara kepada orang-orang di Pangkalan Udara AS Ramstein di Ramstein, Jerman, Senin, 30 Agustus 2021. Komunitas militer Amerika terbesar di luar negeri menampung ribuan pengungsi Afghanistan di sebuah kota tenda di pangkalan udara.
Foto:

Anggota dewan The Southern New Mexico Islamic Center Rajaa Shindi mengatakan telah mengumpulkan sumbangan untuk membantu pengungsi di pangkalan-pangkalan terdekat dengan kebutuhan jangka pendek. Beberapa keluarga yang tiba mungkin berakhir secara permanen di Las Cruces, kota terbesar kedua di New Mexico.

Saat itulah relawan lokal akan sangat penting dalam membantu mereka berkenalan dengan kehidupan baru mereka. Relawan yang direkrut akan fokus membantu keluarga pengungsi mendaftarkan anak-anak di sekolah, mencapai stabilitas keuangan dan menumbuhkan rasa kebersamaan untuk memerangi potensi terisolasi.

"Jika mereka akan tinggal di Las Cruces atau kota-kota sekitarnya, kita harus siap mendukung mereka dalam banyak hal. Mereka membutuhkan seseorang di sini (untuk) pergi dan berbicara dengan mereka, dan menyambut mereka dari orang-orang yang lebih mengenal budaya dan agama mereka," kata Shindi.

Pengungsi Afghanistan mulai berdatangan di Pangkalan Angkatan Udara Holloman dekat Alamogordo dalam sepekan terakhir. Pengungsi ditampung sementara di kompleks Dona Ana County di Fort Bliss di New Mexico. Para pengungsi di pangkalan itu adalah pemohon visa imigran khusus yang bekerja dengan pasukan AS selama perang, keluarga mereka dan warga Afghanistan yang rentan lainnya.

Di Holloman, Fort Bliss dan instalasi militer lainnya di seluruh negeri, para pejabat mengatakan para pengungsi dites Covid-19 sebelum tiba dan menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut dan penilaian kebutuhan lainnya di pangkalan tersebut. Sebelum akhirnya, organisasi pemukiman kembali membantu mereka mencapai tujuan berikutnya, sementara pengajuan visa mereka sedang dalam proses.

Jenderal Glen Vanherck, yang mengawasi Komando Utara AS yang bertanggung jawab untuk memukimkan kembali warga Afghanistan di pangkalan militer mengatakan, delapan instalasi di seluruh negeri didirikan untuk menampung sementara para pengungsi. Dia mengatakan militer sedang menangani sanitasi, makanan, dan tantangan lain bagi 25.600 pengungsi Afghanistan yang sudah berada di AS. Menurutnya, militer AS memiliki kapasitas untuk menampung 36 ribu pengungsi dan bekerja untuk meningkatkan jumlah itu menjadi 50 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement