Rabu 08 Sep 2021 19:00 WIB

Zubair bin Awwam, Sahabat Nabi yang Jago Berkuda

Zubair bin Awwal adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang hebat berkuda.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto:

Zubair pernah berhasil mencerai-beraikan antara pasukan Malik bin 'Auf, pemimpin wilayah Hauzan, dengan panglima tentara orang-orang musyrik dalam perang Hunian. Kekuatan pasukan musuh menjadi berantakan dan akhirnya Zubair berhasil memukul mundur pasukan tersebut. Tak hanya itu, Zubair juga menjadi salah satu sahabat bersama Abu Bakar dan 70 orang dari kaum Muslim lainnya untuk mengusir orang-orang musyrik pasca perang Uhud.

Ketika Zubair bin Awwam masuk Islam dan pamannya mengetahui kabar tersebut, Zubair dikurung di sebuah rumah yang dipanasi dengan api. Lalu ia berkata kepada pamannya, "Aku tidak akan murtad dari Islam untuk selama-selamanya." 

Zubair adalah putra bibi Nabi SAW. Ibunya adalah Shafiyah binti Abdul Muthalib. Zubair juga menjadi salah satu dari 10 sahabat yang disampaikan oleh Rasulullah masuk surga. Nabi SAW pernah berkata mengenai Zubair, "Thalhah dan Zubair, keduanya adalah tetanggaku di surga." (HR At-Tirmidzi) 

 

Zubair bin Awwam termasuk sahabat Nabi SAW yang memiliki banyak harta kekayaan dan sehari-hari menjalani kehidupannya sebagai pedagang. Total harta yang Zubair tinggalkan sebanyak 40 juta dirham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement