Rabu 08 Sep 2021 20:13 WIB

MUI Dorong Pemerintah-OKI Beri Solusi Damai di Afghanistan

MUI mngimbau semua pihak mengedepankan musyawarah.

MUI Dorong Pemerintah-OKI Beri Solusi Damai di Afghanistan. Pejuang Taliban berjalan di kota Kabul, Afghanistan, Sabtu, 4 September 2021.
Foto:

Nabi juga mempersaudarakan dan mempersatukan antara sahabat Anshor dan Muhajirin. "Kemudian menciptakan persatuan antarsuku, kelompok, dan penganut agama untuk membangun dan membela negara Madinah sebagai negara yang heterogen, multisuku dan multi-agama," kata dia.

MUI juga mengimbau kepada semua pemimpin negara-negara di dunia dan masyarakat internasional tidak melakukan intervensi terhadap proses politik internal di Afghanistan. MUI mengapresiasi kebijakan dan langkah yang telah, sedang dan akan diambil oleh pemerintah dan semua elemen masyarakat Indonesia.

Hal tersebut sebagai wujud pelaksanaan amanat konstitusi khususnya Pembukaan UUD 1945 dengan ikut serta mendorong terciptanya penyelesaian masalah dan perdamaian abadi di Afghanistan. Pemerintah Indonesia juga mendorong pemenuhan hak-hak warga negara termasuk hak-hak perempuan dan anak.

 

Semua upaya itu dilakukan untuk terwujudnya kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan di Afghanistan yang merdeka dan berdaulat. "Mengimbau kepada masyarakat, terutama umat Islam Indonesia agar dalam menyikapi masalah Afghanistan lebih mengedepankan sikap wasathiyah, konstruktif dan menghindari sikap-sikap yang dapat memicu dan menimbulkan pertentangan dan polarisasi di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam," kata Amirsyah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement