Jumat 10 Sep 2021 16:30 WIB

Pesantren Nuu Waar Gelar Mukhayyam Alqurán dan Hadits

Mukhayyam Alqurán dan Hadits digelar tiga kali dalam setahun.

Seluruh santri Pondok Pesantren Nuu Waar, Setu, Bekasi mengikuti Mukhayyam Alqurán dan Hadits selama satu bulan lebih (14 Juli – 28 Agustus 2021).
Foto:

Selanjutnya, Ustadz Khalik mengatakan bahwa program ini diikuti oleh para santri yang telah masuk pada tahapan menghafal juz ‘amm (juz 30). Santri yang masih tahapan belajar huruf di buku Iqro’ tetap fokus menyelesaikan tahapan itu.

“Jadi, selama mukhayyam santri yang masih Iqro’ fokus belajar belajar huruf al-Qur’an,“ ujar Ustadz Khalik.

Selama program Mukhayyam Al-Qur’an dan Hadits, para santri dibimbing oleh 20 orang guru, terdiri dari 12 guru ikhwan dan 8 guru akhwat. “Sejak pagi hari para guru sudah mulai membimbing santri untuk menguasai hafalan al-Qur’an dan Hadits. Nanti selesai program, baru hasil hafalan santri akan direkap total hafalannya,” ulas Ustadz Khalik. 

Menurutnya, ini adalah upaya pesantren untuk menghasilkan lulusan santri yang unggul dan siap masuk perguruan tinggi di Timur Tengah, seperti Universitas Islam Madinah, Universitas Al-Azhar Cairo, dan lain sebagainya.

“Rata-rata hafalan untuk dapat masuk perguruan tinggi Islam bergengsi itu harus menguasai hafalan al-Qur’an dan Hadits,”terangnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement