Jumat 10 Sep 2021 17:34 WIB

KH Muhyiddin Ulama-Pejuang dari Tanah Sunda (III-Habis)

KH Muhyiddin (1878-1973)merupakan seorang ulama besar yang berasal Garut, Jawa Barat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
(Ilustrasi) KH Muhyiddin (1878-1973)merupakan seorang ulama besar yang berasal dari Garut, Jawa Barat.
Foto: pxhere
(Ilustrasi) KH Muhyiddin (1878-1973)merupakan seorang ulama besar yang berasal dari Garut, Jawa Barat.

IHRAM.CO.ID,  KH Muhyiddin (1878-1973)merupakan seorang ulama besar yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Sosok yang biasa disapa Mama Pagelaran itu tidak hanya istikamah di jalan dakwah. Sejarah mencatat, dirinya pun turut berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Berbagai pihak saat ini telah berupaya mengajukan nama Kiai Muhyiddin sebagai salah satu pahlawan nasional. Mereka beranggapan, negara sudah sepatutnya memberikan gelar tersebut kepada sang alim. Dengan begitu, riwayat hidup dan keteladanannya dapat kian diingat, terutama oleh generasi muda.

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Subang dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diketahui beberapa kali melakukan pertemuan untuk membahas usulan penganugerahan tanda jasa ini.Berdasarkan hasil laporan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), Kiai Muhyiddin diyakini telah memenuhi kriteria sebagai pahlawan nasional.

Di antaranya, sang kiai tercatat telah melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya. Jerih payahnya itu dianggap telah melebihi tugas yang diembannya sebagai seorang pendakwah Islam.

 

Baca Sebelumnya: KH Muhyiddin, Ulama-Pejuang dari Tanah Sunda bagian kedua

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement