9 Pandangan Keliru Soal Islam di Barat

Selasa , 14 Sep 2021, 06:45 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Kelompok Muslim Amerika Serikat mengampanyekan anti Islamofobia
Kelompok Muslim Amerika Serikat mengampanyekan anti Islamofobia

1. Semua Muslim adalah Arab

 

Terkait

Islam dimulai di Timur Tengah, tetapi sejak itu menyebar ke seluruh dunia. Dari Rohingya di Myanmar, hingga Uyghur di Cina, dan Bosnia di Balkan, Muslim adalah komunitas yang sangat beragam dan tidak berasal dari satu wilayah.

Meskipun banyak orang menggunakan istilah Muslim dan Arab secara bergantian, tetapi tidak tepat untuk melakukannya. "Orang Arab sebenarnya adalah minoritas dari populasi Muslim, baik secara global maupun di Amerika Serikat. Mereka 20 persen dari Muslim dunia," kata Mogahed. 

2. Semua wanita Muslim tertindas

Patriarki dan penindasan terhadap perempuan adalah isu yang ada di semua komunitas, bukan hanya umat Islam. "Ini adalah hal yang biasa kita dapatkan, dan ini menunjukkan ketidaktahuan dan kurangnya konteks tentang Islam," kata Zainab Chaudry, juru bicara markas nasional Council on American-Islamic Relations (CAIR).

"Islam memberikan hak perempuan untuk pendidikan, kepemilikan properti, warisan, dan perceraian. Salah satu poin penting yang perlu diingat adalah bahwa budaya sering disamakan dengan agama. Islam sebenarnya mendorong perempuan untuk menjaga otonomi dan hak pilihannya," kata Chaudry.