Selasa 14 Sep 2021 07:50 WIB

Memahami Tafsir Surat An Nisa Ayat 64

Surah An-Nisa' Ayat 64 dijelaskan ketaatan kepada Rasul, ulil amri dan orang tua

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

"Sesungguhnya yang ditaati itu hanya perintah berbuat makruf." (Riwayat Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan An-Nasa'i).

Bagian kedua sampai akhir ayat ini menerangkan, jika orang yang menganiaya dirinya sendiri yaitu orang yang bertahkim kepada thagut, datang kepada Nabi Muhammad, lalu mereka memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun turut memohon agar mereka diampuni, niscaya Allah akan mengampuni mereka. Karena Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Di dalam ayat ini disebutkan orang-orang yang bertahkim kepada thagut itu adalah orang-orang yang menganiaya diri sendiri. Karena mereka melakukan kesalahan besar dan membangkang tidak mau sadar.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bertobat agar taubatnya diterima oleh Allah. Pertama, taubat itu dilakukan seketika itu juga, artinya segera setelah membuat kesalahan. Kedua, hendaklah taubat itu merupakan tobat nasuha, artinya benar-benar menyesal atas kesalahan-kesalahan yang diperbuat dan tidak akan mengulangi lagi. Ketiga, bila ada hak orang lain yang dilanggar, hak orang itu haruslah diselesaikan lebih dahulu dengan meminta maaf dan mengembalikan atau mengganti kerugian.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement