Selasa 14 Sep 2021 08:20 WIB

Ustadz Abdullah Said, Sang Pejuang Dakwah (II)

Ustaz Abdullah dikenal luas reputasinya sebagai seorang orator ulung.

Hidayatullah

Sebagai aktivis Pemuda Muhammadiyah, ia pernah menggemparkan seluruh Makassar. Cerita bermula pada 27 Agustus 1969. Bersama para pemuda Muhammadiyah Makassar, ia melakukan penyerbuan terhadap tempat perjudian lotto.

Banyak tokoh muda Muslim setempat yang diamankan di ruang tahanan Kodim 1408 Makassar saat itu. Atas saran sejumlah kawannya, ia pun meninggalkan kota tersebut. Dalam kondisi dikejarkejar aparat kepolisian, ia pun memutuskan untuk mengganti namanya, dari Muhsin Kahar menjadi Abdullah Said. 

Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi lokasi hijrahnya pada Maret 1970. Masya rakat Muslim setempat menerimanya dengan tangan terbuka. Kira-kira setahun kemudian, ia berhasil mengumpulkan sejumlah anak muda. Mereka lalu diarahkan untuk mengikuti kaderisasi dai. Proses yang disebut Training Center(TC) Darul Arqam itu berlangsung dua kali, yakni tahun 1970 dan 1972, di kota tersebut.

Selama di Balikpapan, Ustaz Abdullah Said selalu mengamati kondisi kehidupan umat Islam. Menurutnya, kaum Muslimin sudah mulai terseret arus gaya hidup hedonisme. Anak-anak muda cenderung tertarik pada kesenangan duniawi, alih-alih menekuni ilmu-ilmu agama. 

Di daerah berjulukan Kota Minyak itu, sang ustadz ingin menggalakkan TC Darul Arqam. Bahkan, visinya ialah mewujudkan sebuah kampung kaderisasi mubaligh. Dengan begitu, penempaan generasi muda di dalamnya dapat berlangsung dengan lebih intens.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement