Kamis 16 Sep 2021 17:30 WIB

KH Hasyim Zaini, Teladan Akhlah dari Nurul Jadid (IV-Habis)

KH M Hasyim Zaini, menaruh perhatian besar pada pembangunan ekonomi umat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Jawa Timur
Foto: nurul jadid
Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Jawa Timur

IHRAM.CO.ID, Pengasuh generasi kedua Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, KH M Hasyim Zaini, menaruh perhatian besar pada pembangunan ekonomi umat. Hal ini tampak dari berbagai nasihat serta tindakan nyata yang dilakukannya. Menurut putra sulung KH Zaini Mun'im itu, Islam tidak hanya mengajarkan tentang aspek-aspek spiritual, tetapi juga muamalah termasuk ekonomi. Dalam hal ini, ia berupaya menggagas konsep ekonomi yang berdasarkan Alquran.

Seperti dijelaskan dalam laman resmi Pesantren Nurul Jadid, konsep tersebut dibuat Kiai Hasyim saat menjadi kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Paiton. Gagasan itu mengambil inspirasi dari Alquran, surah al- Quraisy.

Baca Juga

Dalam surah itu, Allah SWT melukiskan satu contoh dari kaum Quraisy, leluhur Rasulullah SAW. Suku bangsa Arab itu mampu menjadi pemain global meskipun wilayah tempat tinggalnya dihinggapi berbagai keterbatasan sumber daya alam.

Akan tetapi, kepiawaian sebagian pemuka Quraisy dalam berdagang cenderung melalaikannya dari Allah. Surah al-Quraisy mengingatkan mereka tentang pentingnya bersyukur dan patuh kepada Zat Yang Maha Pencipta.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement