Jumat 17 Sep 2021 05:15 WIB

Ekosistem Rawa Mesopotamia Semakin Terancam

Rawa Mesopotamia terletak di tenggara Irak

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Rawa (Ilustrasi)
Foto:

Irak telah melakukan beberapa upaya untuk memulihkan Rawa Mesopotamia. Sebuah video yang diterbitkan oleh NASA Earth Observatory menunjukkan pemulihan lahan basah yang tidak merata antara 2000 dan 2010 ketika orang Irak membongkar bendungan dan hambatan lain yang menghambat aliran air ke wilayah tersebut. Kombinasi kekeringan dan pembangunan manusia yang berkelanjutan membatasi efektivitas upaya ini.

Organisasi lingkungan Nature Irak juga telah bekerja untuk memperbaiki kondisi di Rawa Mesopotamia. Itu bekerja sama dengan Madan yang masih tinggal di daerah tersebut.

Penunjukan Mesopotamia 'Marsh' 2016 oleh UNESCO membangkitkan harapan di antara orang Madan. Di mana pengakuan yang lebih besar dari komunitas internasional dapat memacu upaya untuk mengamankan masa depan ekosistem.

"Rawa-rawa dan lebih banyak air berarti kehidupan, Kami berharap status Warisan Dunia dapat membantu kami membangun kembali tanah kami," ucap seorang penggembala kerbau Irak yang berasal dari lahan basah, Hamza Mohamed, mengatakan kepada Program Lingkungan PBB setelah pengumuman UNESCO. 

"Pada saat komentar Mohamed kepada PBB tentang restorasi lingkungan, Irak menghadapi masalah yang jauh lebih mendesak, perang melawan militan yang, pada satu titik, menguasai sepertiga negara," ucap Bodetti.

 Bodetti mengungkapkan, sekarang para pejabat Irak memiliki lebih banyak sumber daya untuk dicurahkan untuk perencanaan jangka panjang, Irak dapat mengembangkan rencana komprehensif untuk pelestarian lahan basahnya. Sementara sarana dan jangkauan pemerintah pusat negara itu tetap terbatas. Irak kemungkinan akan menemukan sekutu yang bersemangat dalam gerakan lingkungan dan komunitas internasional.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement