Jumat 17 Sep 2021 13:26 WIB

Patung Unta di Saudi, Karya Seni dari 8.000 Tahun Lalu

Patung unta di Saudi berusia jauh lebih tua dibanding Piramida Giza dan Stonehenge.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Situs unta di Arab Saudi
Foto: M. Guagnin & G. Charloux via smithsonianmag
Karya patung unta di Saudi yang diyakini lebih tua dari Piramida Giza.

Para pemahat unta menggunakan alat yang terbuat dari batu yang disebut rijang, yang dibawa dari setidaknya sembilan mil jauhnya. Mereka akan membutuhkan beberapa jenis perancah untuk mencapai bagian yang lebih tinggi dari permukaan berbatu. 

Mengukir setiap relief membutuhkan waktu antara 10 dan 15 hari. 'Proyek ambisius' itu kemungkinan besar merupakan upaya bersama. Beberapa unta yang digambarkan pada relief memiliki garis leher yang menonjol dan perut yang bundar, ciri khas unta pada musim kawin. Ini menunjukkan bahwa situs itu terkait dengan kesuburan atau waktu tertentu dalam setahun.

Guagnin mengatakan komunitas pemburu dan penggembala cenderung sangat tersebar dan berpindah-pindah, dan penting bagi mereka untuk bertemu secara teratur sepanjang tahun, untuk bertukar informasi, pasangan, dan sebagainya. 

“Jadi apapun simbolisme dari patung-patung itu, mungkin ini adalah tempat untuk menyatukan seluruh komunitas,” ucap Guagnin.

Pola pelapukan pada patung menunjukkan bahwa mereka diukir ulang dan dibentuk kembali dari waktu ke waktu. Komunitas Neolitik berulang kali kembali ke Situs Unta, yang berarti simbolisme dan fungsinya dipertahankan selama beberapa generasi. 

Pada saat pembuatan patung, sekitar milenium keenam Sebelum Masehi (SM), Jazirah Arab dipenuhi dengan padang rumput dan jauh lebih basah daripada sekarang. Penduduk kawasan itu membangun ribuan monumen batu yang dikenal sebagai mustatil di puluhan ribu mil persegi. 

Guagnin mengatakan tidak jelas apakah kelompok yang sama yang membuat Camel Site juga mustatil. Ukiran dua dimensi lainnya telah ditemukan di daerah tersebut, tetapi tidak ada yang setara dengan situs tersebut. 

“Bagian dari kesulitan dalam mengencani situs tersebut adalah tidak ada paralelnya, jadi sulit membayangkan apa yang terkait dengannya,” kata Guagnin. 

Beberapa penggambaran fauna Neolitikum sama-sama seukuran aslinya, detail dan naturalistik tetapi keduanya dua dimensi. Hal ini membuat kami berpikir bahwa Situs Unta adalah bagian dari tradisi yang lebih luas ini tetapi memiliki tempat khusus di dalamnya karena itu adalah satu-satunya tempat di mana kami memilikinya begitu terkonsentrasi dan di mana kami memiliki kelegaan yang tinggi sampai-sampai terlihat seperti hewan itu keluar dari batu.

Guagnin menambahkan bahwa unta-unta yang ditampilkan dalam gambar mungkin liar. Domestikasi unta paling awal kemungkinan terjadi sekitar 1200 SM. Orang-orang Neolitik di Arabia menggembalakan sapi, domba dan kambing dan mungkin berburu unta liar.

 

Dengan erosi yang terus menurunkan patung, para peneliti mengatakan penting untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang patung-patung itu. Pelestarian situs ini sekarang menjadi kunci, seperti penelitian masa depan di wilayah tersebut untuk mengidentifikasi apakah situs lain seperti itu mungkin ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement