Kamis 23 Sep 2021 16:58 WIB

Lithuania Minta Warganya Buang Ponsel Produksi China

Beredar laporan yang mengklaim ada kemampuan sensor pada produk elektronik China.

Lithuania Minta Warganya Buang Ponsel Produksi China
Foto: Wikipedia
Lithuania Minta Warganya Buang Ponsel Produksi China

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Pihak berwenang Lithuania meminta warganya tidak membeli ponsel China setelah beredarnya sebuah laporan yang mengklaim kemungkinan terpasangnya kemampuan sensor pada produk elektronik China.

Menurut laporan yang dirilis Badan Keamanan Siber Lithuania, ponsel yang diproduksi oleh raksasa elektronik China Xiaomi memiliki alat sensor bawaan untuk mengenali berbagai istilah, termasuk "Bebaskan Tibet," "Hidup kemerdekaan Taiwan", dan "gerakan demokrasi".

Baca Juga

"Perangkat lunak sensor di ponsel Xiaomi Mi 10T 5G telah dimatikan di wilayah Uni Eropa, tetapi dapat diaktifkan dari jarak jauh kapan saja," kata badan itu.

“Rekomendasi kami adalah untuk tidak membeli ponsel China baru, dan menyingkirkan yang sudah dibeli sesegera mungkin,” kata Wakil Menteri Pertahanan Margiris Abukevicius.

 

Hubungan antara Lithuania dan China memburuk baru-baru ini setelah Beijing menarik duta besarnya pada Agustus. Penarikan dubes dilakukan setelah Vilnius memutuskan mendirikan kantor diplomatik baru di Taiwan. China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, sekaligus bagian dari negara itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement