Kamis 23 Sep 2021 18:51 WIB

 Imam Besar Al-Azhar Dijadwalkan Kunjungi Irak

Selama di Irak, Imam Besar Al-Azhar akan mengunjungi sejumlah kota.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Grand Sheikh Al-Azhar, Mesir, Ahmad Mohamad ath-Tayeb.
Foto:

Bagi diplomat, para pemimpin di al-Azhar dan di Baghdad melihat penghapusan terorisme di tingkat regional dan global sebagai tujuan penting. Seorang sumber yang dekat dengan pemerintah menyebut, bagi pemerintah Irak, kunjungan itu akan menjadi acara 'sukses' lainnya, setelah kunjungan Paus Fransiskus yang memulihkan kepercayaan ke negara itu.

Sejak perjalanan yang dilakukan Paus, Irak telah menjadi tuan rumah dua acara besar lainnya. Yaitu, pertemuan puncak trilateral di ibu kota dengan para pemimpin Mesir dan Yordania, serta konferensi Baghdad tentang kerja sama dan kemitraan.

Patriark Kasdim, Card Louis Raphael Sako, mencatat perjalanan imam Al-Azhar ini merupakan hasil dari kunjungan Paus Fransiskus yang membuka pintu Irak ke dunia luar. Hal ini sekaligus memulihkan tempat sentral Irak dalam lingkarang politik dan diplomatik.

“Kunjungan itu belum sepenuhnya dikonfirmasi, tetapi sekarang telah digariskan dan hanya beberapa poin yang hilang. Ini merupakan acara yang membantu pertukaran pemikiran dan dialog," kata dia.

Al-Tayeb disebut bersedia untuk bertemu al-Sistani dan bersama-sama mereka akan dapat berkontribusi untuk memerangi ekstremisme.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement