Selasa 28 Sep 2021 04:21 WIB

 Kontribusi Ilmuwan Muslim dalam Matematika

Sejumlah ilmuwan hebat datang dari kaum muslim dengan kontribusi yang begitu besar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah ilmuwan hebat datang dari kaum muslim dengan kontribusi yang begitu besar. Baik di bidang sains, matematika dan lainnya mereka telah datang mencerahkan umat.

Dilansir dari laman Brighterkashmir pada Senin (27/9), nama yang dikenal dalam ilmuwan muslim matematika yakni Mohammad bin Musa al Khwaraizmi. Dia terkenal menyumbangkan matematika dengan dasar aljabar. Khwaraizmi lahir pada 730 M, dan terkenal sebagai nenek moyang aljabar modern.

Baca Juga

Dia juga merancang fungsi sine, cosine dan trigonometric, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa lain juga. Terlepas dari ini, ia telah menyusun banyak buku di antara yang terkenal, ia telah menyusun buku tentang aljabar "Herab al-Jabr waal-muqabalah" (perhitungan integrasi dan persamaan) digunakan sampai abad ke-16 sebagai buku teks utama universitas-universitas Eropa.

Di dalamnya Khwaraizmi menyusun yang diberikan persamaan, mengumpulkan yang tidak diketahui ke dalam satu sisi persamaan disebut al-jabr dan mengumpulkan yang diketahui di sisi lain dari persamaan disebut al-Mukabalah. Dia juga menggambarkan enam jenis persamaan dasar. Khwaraizmi turut menjelaskan angka-angka dari bahasa Arab, yang berada pada sistem posisi desimal dan konsep nol.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement