Selasa 28 Sep 2021 04:21 WIB

 Kontribusi Ilmuwan Muslim dalam Matematika

Sejumlah ilmuwan hebat datang dari kaum muslim dengan kontribusi yang begitu besar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).
Foto:

Ilmuwan terkenal muslim lainnya bernama Giyath al Din al Khasiyani. Dia terlatih dengan baik dan merancang teori angka dan teknik perhitungan. Pada 1424, ia menghitung nilai 2pi ke 16 digit desimal secara akurat.

Salah satu karya paling pentingnya adalah "Mift-Ul-Hissab" atau "Kunci Kalkulator". Di dalamnya ia mendefinisikan algoritma untuk menemukan akar kelima dari jumlah apa pun. Buku itu diajarkan di sekolah-sekolah Persia sampai abad ketujuh belas. Kemudian dalam hidupnya ia pindah ke Samarkand untuk mendukung langsung sekolah ilmiah dan observatorium. Selain itu juga melakukan penelitian dengan para sarjana lain saat itu. Kashani turut menulis tentang cara mendekati sine dengan memecahkan persamaan kubik secara akurat.

Ilmuwan hebat dan terkenal lainnya yaitu Abu Wafa Mohammed al Buzainji. Dia lahir di Baghdad pada 940 M. Buzainji terkenal di bidang matematika dan sebagai astronom.

Di bidang geometri dan trigonometri, ia populer dan sangat dihargai dengan kontribusi dan penjelasannya tentang akurasinya. Dalam geometri ia menambah solusi masalah geometris dengan pembukaan kompas, konstruksi

persegi yang setara dengan kotak lain, polyhedral biasa, konstruksi segi enam biasa mengambil sisinya dari segitiga sisi yang bertuliskan dalam lingkaran yang sama, konstruksi parabola dengan poin dan solusi geometris dari persamaan x4 = a dan x4 ax3 = b.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement