Kamis 30 Sep 2021 10:10 WIB

Keutamaan Merapatkan Shaf Sholat, Ini Penjelasannya

Rasulullah memerintahkan umatnya untuk membuat satu shaf yang kuat dan kokoh.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah umat Islam mengikuti sholat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid At-Tin, Jakarta, Jumat (13/8). Masjid At-Tin kembali menggelar ibadah shalat Jumat pertama kalinya setelah kegiatan shalat Jumat dihentikan lantaran mengikuti ketentuan Pemberlakuan PPKM Darurat. Masjid At-tin pun menerapkan pembatasan jumlah jamaah secara terbatas yakni 25 persen dari kapasaitas serta mematuhi protokol kesehatan. Prayogi/Republika.
Foto:

Di masa pandemi Covid-19 ini, Kiai Cholil mempersilakan umat Muslim yang berada di wilayah PPKM level 1 atau zona hijau untuk merapatkan kembali shaf saat melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Namun dengan catatan, masker tetap digunakan.

"Saya memberikan saran, bahwa mereka yang berada di tempat yang save, zona hijau atau PPKM level 1, silakan rapatkan shafnya, tetapi tetap sholatnya pakai masker," kata dia.

Kiai Cholil menjelaskan, hal itu berdasarkan fatwa MUI 14/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19. Selain berdasarkan fatwa MUI, dia memberi saran tersebut setelah memperoleh informasi dari ahli bahwa orang yang menggunakan masker itu 85 persen bisa menghindari penularan Covid-19

"Maka sekarang kita kembali pada shaf yang rapat, rapat yang teratur. Kita mengikuti perintah Nabi. Tapi kita tetap menghindari (penularan Covid-19) dengan cara pakai masker. Setelah itu (setelah sholat selesai), ya tidak usah rapat lagi. Bisa dijaga jaraknya," tuturnya kepada Republika.co.id, Rabu (29/9).

 

Namun kiai Cholil juga mengingatkan, sebelum memutuskan soal dirapatkannya shaf, masyarakat Muslim yang berada di zona hijau atau wilayah PPKM level 1 tetap harus terlebih dulu berkonsultasi dengan Satgas Covid-19. "Dan juga bermusyawarah dengan jamaah masjid sekitar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement