Muslim Ubah Masjid Chicago Lebih Hijau

Rabu , 06 Oct 2021, 10:57 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Gunting pita peresmian sebuah masjid di Chicago, AS yang halamannya dimanfaatkan untuk taman kota
Gunting pita peresmian sebuah masjid di Chicago, AS yang halamannya dimanfaatkan untuk taman kota

IHRAM.CO.ID, DOWNTOWN -- Masjid dan pusat Islam di Chicago akan menjadi lebih ramah lingkungan mulai pekan ini. Tim Chicago Muslim Green, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan gaya hidup berkelanjutan berdasarkan ajaran Islam, mulai merekrut Tim Hijau Pusat Islam Pusat Kota, Jumat (8/10).

 

Terkait

Kelompok ini ingin mengubah Downtown Islamic Center, 231 S. State St., menjadi model ramah lingkungan bagi kota tersebut. pendiri Chicago Muslim Green Team, Caroline Williams, mengatakan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengurangi konsumsi energi di lokasi tersebut.

"Kita bisa mulai dengan hal-hal sederhana seperti mengganti bola lampu, memasang sensor saklar untuk menghemat energi, dan sebagai langkah terakhir, kita bisa memasang panel surya,” kata Williams dikutip di Block Club Chicago, Rabu (6/10).

Tim Islamic Center disebut akan mengikuti langkah-langkah dan agenda yang disarankan oleh Faith In Place, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan sumber daya kepada orang-orang beriman, untuk mengadvokasi komunitas yang lebih berkelanjutan (sustainable).

Faith In Place sendiri mulai melatih Tim Hijau pada 2019. Koordinator energi dan perubahan iklim untuk organisasi nirlaba ini, Isioma Odum, telah melatih kelompok tersebut tentang cara terbaik membuat Downtown Islamic Center lebih berkelanjutan.

Faith In Place juga memberikan hibah kepada Chicago Muslim Green Team sebesar 10.000 dolar AS atau setara Rp 142 juta untuk pekerjaannya. Sisa dana akan berasal dari hibah, acara penggalangan dana dan sumbangan.

Downtown Islamic Center adalah percontohan dari proyek yang jauh lebih ambisius, yaitu Program Masjid Hijau. Program ini memiliki tujuan untuk membuat tempat ibadah Islam di seluruh Chicago lebih berkelanjutan.

Setiap masjid akan memiliki Tim Hijau dan pelatihnya sendiri. Mereka akan menyediakan sumber daya untuk transisi berkelanjutan dan mendukung Agenda Pemulihan Hijau kota Chicago.

Tim Hijau Muslim Chicago sendiri berkomitmen untuk proyek ini, karena disebut memiliki hubungan yang mendalam dengan beberapa rukun Islam. Salah satunya, menyerukan agar orang-orang menjalani kehidupan yang seimbang dengan alam dan bentuk kehidupan lainnya.

“Salah satu konsep Islam adalah shadaqah, yang berarti amal. Sedekah bisa berupa menanam benih, karena dengan melakukan itu akan tumbuh sebuah pohon yang kemudian memberi makan bagi hewan. Jadi menjaga lingkungan memenuhi komitmen kami untuk amal,” kata Williams.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini