Kamis 07 Oct 2021 05:46 WIB

Masjid Chicago Kini Lebih Ramah Lingkungan

Masjid dan Islamic Center Chicago kini lebih ramah lingkungan.

Gunting pita peresmian sebuah masjid di Chicago, AS yang halamannya dimanfaatkan untuk taman kota
Foto:

Adapun Faith In Place mulai melatih Muslim Chicago Green Team pada 2019. Koordinator energi dan perubahan iklim untuk organisasi nirlaba, Isioma Odum telah melatih kelompok tersebut tentang cara terbaik untuk membuat Pusat Kota Islam lebih berkelanjutan.

Faith In Place juga memberikan hibah kepada Chicago Muslim Green Team sebesar 10.000 dolar untuk pekerjaannya. Sisa dana akan berasal dari hibah, acara penggalangan dana dan sumbangan.

Downtown Center merupakan percontohan dari proyek yang jauh lebih ambisius. Di antaranya yakni Program Masjid Hijau, yang bertujuan untuk membuat tempat ibadah Islam di seluruh Chicago lebih berkelanjutan. 

Setiap masjid akan memiliki Green Team dan pelatihnya sendiri, yang menyediakan sumber daya untuk transisi berkelanjutan, serta mendukung Green Recovery Agenda kota Chicago.

Muslim Chicago Green Team berkomitmen untuk proyek ini juga karena hubungannya yang mendalam dengan beberapa rukun Islam. Hal ini menyerukan agar orang-orang menjalani kehidupan yang seimbang dengan alam, dan bentuk kehidupan lainnya.

"Salah satu konsep Islam adalah shadaqah, yang berarti amal. Tetapi sedekah juga menanam benih, karena dengan melakukan itu akan tumbuh sebuah pohon dan kemudian akan memberi makan hewan. Jadi menjaga lingkungan memenuhi komitmen kami untuk amal," kata Williams. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement