Jumat 08 Oct 2021 03:32 WIB

Jejak Islam di Eropa yang Terlupakan

Jejak sejarah Islam di benua Eropa sebagian besar dilupakan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjd (Mesquita de Cordoba), di PSanyol.
Foto:

Tidak seperti panduan perjalanan standar, buku ini disebut tidak mengklaim objektivitas dan kaya akan pengamatan, anekdot, dan pertemuan pribadi. Penulis ingin melihat bagaimana imannya memiliki kehadiran historis yang lebih lama di Eropa, daripada pengalaman spesifiknya sendiri sebagai Muslim Inggris di Asia Selatan.

Tumbuh di London tahun 1980-an, Hussain tumbuh dengan diberi tahu bahwa dia tidak diinginkan di tempat yang dia sebut 'rumah.' Dia menyatakan, bahwa dia merasakan rasa identifikasi yang kuat dengan Muslim Eropa, karena Muslim pribumi Eropa selalu dibuat merasa seperti 'orang lain' oleh orang Barat dan secara historis Kristen di benua itu. Turnya ke wilayah Muslim ini merupakan penjelajahan dan pendidikan.

Hussain mencatat bahwa warisan Muslim kuno di seluruh Balkan ini juga merupakan warisan dirinya. Ini adalah warisan setiap Muslim dan non-Muslim Eropa dan ada banyak yang bisa dipelajari darinya. Melintasi wilayah, penulis menunjukkan, menemukan masjid di pegunungan, mengagumi pemandangan spektakuler, mengunjungi pondok-pondok sufi , mandi di hammam Ottoman, mencicipi masakan lokal dan kagum dengan kemurahan hati orang asing.

Balkan memiliki budaya Muslim Eropa asli yang sudah lama berdiri dan berbeda. Selain itu juga memiliki tradisi artistik, makanan, sastra, dan pencapaian budayanya sendiri yang bertahan dan berkembang saat ini, karena generasi muda yang bersemangat menemukan kembali akar Islamnya.

Perjalanan penulis disebut merupakan perayaan yang membuka mata tentang sejarah Muslim Eropa di Balkan. Akan tetapi juga mengungkapkan upaya yang disengaja untuk mende-islamisasi pencapaian peradaban Muslim. Ini dapat dilihat dengan jelas dalam upaya untuk menyangkal asal-usul Muslim dari arsitektur yang menakjubkan seperti Jembatan Mostar Ottoman abad ke-16.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement