Jumat 08 Oct 2021 14:14 WIB

Israel Klaim Oman akan Normalisasi Hubungan Diplomatik

Oman diklaim bakal menjadi negara Arab berikutnya yang normalisasi Israel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Oman
Foto: the National News
Oman

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV -- Oman diklaim bakal menjadi negara Arab berikutnya yang normalisasi Israel.

“Pada dasarnya kami berbicara kepada semua negara di kawasan ini, di Timur Tengah dan Afrika Utara. Mereka masing-masing harus memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mereka dan bagaimana melakukannya. Kami berbicara dengan mereka semua, Oman juga, kami memiliki kerja sama yang berkelanjutan,” kata Kepala Divisi Timur Tengah dan Proses Perdamaian Kementerian Luar Negeri Israel Eliav Benjamin, dikutip laman Middle East Monitor, Kamis (7/10).

Baca Juga

Pernyataan Benjamin muncul setelah Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan negaranya sedang bekerja untuk memperluas hubungannya dengan negara-negara Arab. “Saya tidak akan menyebutkan nama (negara) karena ini akan membahayakan proses. Namun, tentu saja, kami bekerja dengan Amerika Serikat (AS) dan dengan teman-teman baru di Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Maroko untuk memperluas ini ke negara-negara lain," ujar Lapid saat menghadiri konferensi tahunan Jewish Federations of North America's pada Rabu (6/10).

Pada 15 September 2020, Bahrain dan UEA menandatangani perjanjian normalisasi diplomatik dengan Israel.  Hal itu tercapai berkat mediasi dan dukungan AS di bawah kepemimpinan mantan presiden Donald Trump. Kesepakatan normalisasi tersebut dikenal dengan nama Abraham Accords. 

 

Selain UEA dan Bahrain, AS pun membantu Israel melakukan normalisasi diplomatik dengan Sudan serta Maroko. Palestina mengecam kesepakatan damai tersebut. Menurut Palestina, apa yang dilakukan negara-negara Muslim terkait merupakan “tikaman” bagi perjuangannya memperoleh kemerdekaan.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement