Ahad 10 Oct 2021 22:17 WIB

Tangani Isu ISIS, Taliban Tolak Kerja Sama dengan AS

. ISIS bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Afghanistan baru-baru ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
 Seorang pejuang Taliban berjalan di sisi jalan ketika Humvee yang membawa pejuang lainnya lewat di Kabul, Afghanistan, Selasa, 21 September 2021.
Foto:

Pertemuan di Doha pertemuan pertama AS-Taliban sejak Washington mengakhiri perang selama 20 tahun yang mendorong Taliban kembali berkuasa. AS dengan tegas mengatakan pertemuan itu tidak membuka kemungkinan mereka mengakui pemerintahan Taliban.

Pertemuan itu juga digelar dua hari setelah pejabat Pakistan bertemu dengan Deputi Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman di Islamabad. Pertemuan tersebut fokus membahas Afghanistan.

Pemerintah Pakistan mendesak AS terlibat dengan pemerintah Afghanistan yang baru. Serta melepaskan miliaran dolar AS dana internasional untuk mencegah kehancuran ekonomi.

Pakistan juga mengirimkan pesan ke Taliban agar lebih inklusif dan memperhatikan hak asasi manusia dan kelompok keagamaan serta etnis minoritas. Aljazirah melaporkan pertemuan itu digelar pada Sabtu kemarin.

Media yang berbasis di Doha itu mengutip menteri luar negeri Afghanistan yang ditunjuk Taliban Ameer Khan Muttaqi. Ia meminta Taliban meminta AS mencabut larangan di  bank sentral Afghanistan. AS belum memberikan komentar mengenai pertemuan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement