Selasa 12 Oct 2021 09:00 WIB

Afghanistan Berharap Dunia Internasional Bantu Cegah Krisis

Afghanistan berharap dunia internasional bantu cegah krisis ekonomi.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Bendera Taliban dipasang di depan sepeda motor di Kabul, Afghanistan, Selasa, 28 September 2021.
Foto:

Muttaqi mengulangi seruan agar Amerika Serikat (AS) mencairkan dana cadangan bank sentral Afghanistan senilai lebih dari 9 miliar dolar AS. Dana cadangan tersebut disimpan di luar negeri. Namun Muttaqi mengatakan, jika AS tetap membekukan dana cadangan tersebut, maka pemerintahan Taliban memiliki pendapatan sendiri dari pajak, tarif bea cukai dan pertanian.

Muttaqi mengatakan, pasukan Taliban memiliki kendali penuh atas Afghanistan dan mampu mengendalikan ancaman dari militan ISIS. Sebelumnya, ISIS telah mengklaim sejumlah serangan mematikan, termasuk pemboman pekan lalu di sebuah masjid Syiah di kota utara Kunduz. Menurut Muttaqi, tekanan internasional pada pemerintahan Taliban dapat membantu moral ISIS.

"Masalah ISIS telah dikendalikan oleh Imarah Islam dengan sangat baik sejauh ini. Ketimbang memberikan tekanan, dunia harus bekerja sama dengan kami," kata Muttaqin

Pemerintahan Taliban telah mendapat kecaman  karena pendekatannya terhadap pendidikan anak perempuan. Hal ini dianggap sebagai salah satu dari sedikit keuntungan positif yang diperoleh dari keterlibatan Barat selama dua dekade di Afghanistan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement