Rabu 13 Oct 2021 06:41 WIB

Apa yang Terjadi Usai Jenazah Dikebumikan?

Para ulama menjelaskan kondisi seseorang setelah kematian dan usai dikuburkan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
Seorang wanita berdoa di depan kuburan ibunya di pemakaman (ilustrasi)
Foto:

Dua malaikat akan bertanya tentang Tuhan Anda, tentang agama Anda, tentang Nabi Anda. Saat itu juga seseorang akan dapat membayangkan kondisinya setelah hari kebangkitan, entah diberi derajat yang tinggi atau mendapat neraka. Semua kondisi ini sebenarnya sudah diberi peringatan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya agar bisa menghindar dari siksaan hari akhir.

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

لَا يَسْتَوِي أَصْحَابُ النَّارِ وَأَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۚ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمُ الْفَائِزُونَ

 

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik. Tidaklah sama penghuni-penghuni neraka dengan penghuni-penghuni jannah; penghuni-penghuni jannah itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. al-Hasyr: 18-20). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement