Senin 18 Oct 2021 01:08 WIB

Mengenal Gaya Arsitektur Sub Sahara

Gaya arsitektur Sub Sahara memiliki ciri khas.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Djenne di Mali. Masjid bersejarah ini terbuat dari lumpur.
Foto:

Contoh yang patut dicontoh adalah Kompleks Religius dan Sekuler HIKMA di Desa Dandaji Nigerien, yang dirancang oleh Atelier Masomi. Alih-alih hanya mengimpor model masjid standar Timur Tengah, yang akan memerlukan penggunaan bahan yang tidak berkelanjutan dalam konteks Nigerien, proyek ini menampilkan penggunaan batu bata tanah terkompresi yang dibuat secara lokal, yang membutuhkan sedikit perawatan.

Masjid ini mungkin tidak dipandang sebagai contoh tradisional 'Arsitektur Islam' karena memiliki sedikit ornamen jika dibandingkan dengan rekan-rekannya di Negara Teluk, tetapi masjid ini menyoroti sifat arsitektur yang samar-samar yang memiliki tujuan keagamaan.

Gaya masjid 'Soudanese' milik daerah yang dikenal sebagai Sudan Barat, mungkin merupakan contoh terbaik dari tipologi masjid Sub-Sahara yang diadopsi secara luas. Membentang dari Sungai Senegal ke Ghana dan Pantai Gading, tanah liat dan bentuk-bentuk organik adalah komponen kunci dari masjid-masjid ini.

Sementara Arsitektur Islam yang terinspirasi oleh bentuk-bentuk Timur Tengah menampilkan kubah sebagai elemen kunci, materialitas masjid tanah liat ini berarti bahwa atap datar adalah pilihan yang lebih tepat, dengan interior tanpa dekorasi berbeda dengan interior bermotif masjid seperti Sultan Masjid Ahmad di Istanbul.

Di Mali, gaya 'Mande' disebarkan, dengan penggunaan bentuk kerucut dan dihiasi dengan pilaster dan elemen relief. Masjid Agung Djenne dapat dilihat sebagai contoh simbolis dari hal ini, dengan kualitas monumentalnya diimbangi dengan kesederhanaan fasadnya.

Masjid-masjid di Pantai Swahili juga merupakan contoh lain dari tipologi masjid yang disesuaikan dengan tempatnya di Sub-Sahara Afrika. Abad kesebelas melihat pembangun Swahili mengadopsi karang untuk membangun masjid mereka.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement